Laman

Sunday, November 4, 2012

9 Tips Jitu Berbisnis Via Ponsel

coba ingat-ingat kembali,siapakah partner bisnis anda yang paling setia?jika ada nama yang muncul di benak anda,lanjutkan ke pertanyaan berikut:apakah dia mampu bertahan mendampingi anda selama 24jam nonstop tanpa tidur?
tentu nya mustahil menemukan rekan yang begitu setia menemani sepak terjang kita dalam mencari nafkah.namun saya telah menemukan satu nama kandidat yang pasti tidak bisa anda tolak:ponsel!

sadarkah anda jika ponsel bisa berjam-jam bahkan berhari-hari menemani anda tanpa istirahat.
secara tradisional,dengan menelpon dan sms saja anda sudah bisa menjual barang dan menghasilkan uang.namun dengan pesatnya perkembangan teknologi ponsel di tunjang maraknya tren jejaring sosial,rasanya sayang jika anda tidak memanfaatkan teknologi berlimpah ini untuk meningkatkan bisnis anda.nah ,kali ini saya akan mengangkat cara-cara sederhana tapi efektif dalam memanfaatkan ponsel untuk menghasilkan uang.check out this!

1.Aktifkan Internet
internet adalah kunci utama dalam memulai bisnis khususnya di dunia maya.
dengan mengaktifkan paket internet di ponsel anda,maka anda akan seperti membuka pintu ruangan harta karun.dengan mengaktifkan internet,blog,messenger,jejaring sosial,browser,email,hingga file sharing bisa anda gunakan sebebas mungkin.
pastikan juga internet di ponsel anda aktif 24jam,entah di siang bolong,atau di ujung malam karena tak ada yang tahu,kapan rejeki akan datang bukan?

2.Akun Email
memiliki setidaknya satu akun email akan menjadi hal yang berharga dalam menunjang bisnis anda.selain berfungsi sebagai alat komunikasi,akun email merupakan sarana untuk membuat akun jejaring sosial yang nantinya juga berguna untuk pemasaran bisnis anda.
email juga bisa anda gunakan untuk mengirimkan update terbaru mengenai produk anda serta memberitahukan konsumen tentang berbagai program menarik.
akun email juga bisa di gunakan untuk bergabung dengan mailing list atau forum-forum yang sesuai dengan produk yang anda tawarkan.

3.Buatlah Blog
membuat blog tidaklah serumit seperti membuat website atau toko online sendiri.saat ini,telah banyak layanan blog gratis yang menyediakan fasilitas yang tidak kalah dengan dengan website profesional.sebutlah blogspot.com dan wordpress.com .dua layanan blog ini saya rekomendasikan bagi anda karena 3 hal:
  • Gratis
  • kompatibel dengan browser ponsel
  • bisa update langsung dari ponsel
sekarang,anda hanya tinggal memikirkan nama blog yang paling mewakili produk yang akan anda tawarkan dan di anggap'menjual' bukan?

4.Manfaatkan Kamera Ponsel
anda tak perlu lagi mengundang fotografer profesional untuk menciptakan foto terbaik dari produk anda.foto terbaikpun akan memiliki keterbatasan jika di lihat dari layar seukuran ponsel.tak perlu terlalu artistik,asalkan produk terlihat jelas dan informatif.
gunakan fungsi macro(jika ada)untuk memotret detail barang yang anda jual.usahakan untuk memotret produk dalam berbagai posisi.
di blackberry,anda bisa menggunakan aplikasi munched untuk membubuhkan watermark di foto yang telah anda ambil dengan menggunakan kamera ponsel.kini,foto produk anda siap untuk berpetualang di blog dan jejaring sosial,memikat konsumen dan menghasilkan pendapatan untuk anda.

5.Info Produk Up to Date,Lengkap dan Efektif
apa saja yang harus anda cantumkan di blog?tentu saja deskripsi dan detil barang yang anda tawarkan beserta harga.namun,kecanggihan ponsel sayang jika hanya di manfaatkan untuk enampilkan teks.buatlah foto yang menarik,rekamlah video unik tentang barang yang anda tawarkan.beri penjelasan yang secukupnya namun mudah di mengertti konsumen.
hal penting,jika ada perubahan harga atau spesifikasi produk,segeralah update blog anda.sedikit saja informasi yang melenceng dari kondisi nyata produk anda bisa jadi akan membuat konsumen kecewa.informasi di blog harus selalu sesuai dengan produk asli nya.

6.Punya Jejaring Sosial
jejaring sosial itu seperti perpanjangan tangan kita.infokan barang anda ke rekan-rekan facebook atau twitter dengan sejelas-jelasnya tanpa mengurangi privasi mereka.cantumkan link blog anda di status facebook atau profil twitter.sebarkan foto produk anda melalui instagram,kemudian tag rekan-rekan anda sehingga mereka bisa melihat produk terbaik yang anda miliki.buat lah fan page dan grup facebook,undanglah teman-teman anda untuk bergabung di sana dan tawarkan yang anda punya.keuntungan nya,dengan membentuk grup anda bisa mempromosikan produk ke banyak orang sekaligus dalam satu waktu.

7.Gunakan Fitur Chatting
Blackberry Messenger cukup efektif di gunakan untuk berkomunikasi langsung dengan calon pembeli.keuntungan nya,sekali anda bertukar pin dengan konsumen,maka anda akan terhubung dengan nya secara terus menerus.anda juga bisa membuat grup untuk toko anda,dengan demikian,setiap update produk baru,anda bisa melakukan broadcast ke seluruh anggota grup dalam sekali klik.
whats app adalah alternatif lain nya,aplikasi ini kian menanjak kepopuleran nya setelah banyak di minati pengguna android dan iphone.selain aplikasi terbilang enteng,whats app memiliki banyak fitur yang dapat membantu menyebarkan bisnis anda.fasilitas sharing file bisa di gunakan untuk mengirim gambar produk.
belum cukup?anda bisa menggunakan ragam aplikasi messanging lain seperti chat on,line messenger,kik messenger,catfiz,kakao,atau yahoo messenger.semua gratis dan berfitur lengkap.

8.Mainkan ke forum dan komunitas
masuklah forum-forum online untuk bertemu konsumen dan mencari pelanggan baru.forum seperti kaskus sangat efektif untuk pemasaran produk mengingat jumlah anggotanya yang sedemikian banyak.
bergabung lah ke komunitas yang sesuai dengan produk anda tawarkan.misalkan anda ingin menjual assesoris ponsel,masuklah ke forum komunitas android,ios,dan blackberry.
jika anda menjadi anggota sebuah forum,jangan lupa cantumkan signature berupa link ke blog anda.ini akan memudahkan rekan-rekan di forum untuk mengklik blog anda dan melihat apa yang anda jual.fitur ini memungkinkan anda untuk membuka lapak dagangan sendiri di forum.

9.Gunakan Peta
untuk menunjukkan di mana lokasi toko,anda bisa menggunakan peta digital seperti google maps di android,ovi maps di symbian dan peta di blackberry.tak hanya menunjukkan secara presisi mengenai lokasi,anda bahkan dapat memandu konsumen untuk sampai ke sana.
Google maps yang ada di ponsel android memiliki fungsi latitude yang dapat menghubungkan anda dengan konsumen.anda sebagai pemilik toko juga bisa menandai lokasi pelanggan anda sehingga memudahkan kurir dan proses pengiriman.
pandulah konsumen ke lokasi anda.informasikan rute angkutan atau panjang perjalanan dengan melihat detilnya di peta digital.jika kurang jelas,buatlah screenshoot dari aplikasi peta digital dan kirimkan ke konsumen sampai anda benar-benar yakin bahwa konsumen anda tidak nyasar ke tempat lain.

No comments:

Post a Comment