Laman

Saturday, November 3, 2012

8 Cara Percepat Kinerja Android

Apakah ponsel anda bertambah lambat setelah beberapa bulan di gunakan?tenang!anda tidak sendiri,masih banyak pengguna android di luar sana yang mengalami hal serupa.untuk mengembalikan performa android anda seperti sediakala,berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan :


1.matikan live wallpaper
meski live wallpaper pada ponsel membuat tampilan ponsel anda tampak lebih atraktif,namun dapat memperlambat kinerja ponsel anda karena untuk membuat animasi terus berjalan ponsel anda tentu akan di paksa terus bekerja.dengan mematikan live wallpaper anda dapat membuat pergerakan scroll pada desktop ponsel menjadi lebih ringan dan lancar.

2.kurangi jumlah widget anda
widget merupakan elemen atau bagian dari antarmuka grafis atau GUI baik berupa kotak teks,tombol dan sebagai nya yang menyuguhkan informasi atau pengaturan yang dapat di kurangi atau di tambahkan oleh pengguna.jika widget yang anda pakai  menyuguhkan informasi yang terus menerus di update setiap saat,maka akan menyebabkan tambahan proses yang menyedot memori sehingga berimbas pada perlambatan kinerja.untuk itu ada baik nya anda menghapus beberapa widget yang jarang di gunakan atau tidak penting.

3.tutup aplikasi yang berjalan di background
tahukah anda bahwa dengan menekan tombol home pada ponsel,maka palikasi yang sedang berjalan akan tetap berjalan di background,sementara itu bila anda menekan tombol back saat aplikasi sedang berjalan,maka akan secara otomatis menutup dan mematikan aplikasi tersebut.untuk itu,mulai saat ini jika anda ingin membuka aplikasi yang sedang berjalan dengan menekan tombol back atau mematikan nya dengan bantuan task killer yang bisa anda download secara gratis dari playstore.

4.matikan auto update apps
mengaktifkan fitur update otomatis aplikasi yang terdapat pada menu setting playstore,memang dapat membuat aplikasi anda terus di perbarui tanpa harus mengeceknya secara manual.
namun begitu fitur tersebut tentu akan membebani kinerja ponsel,apalagi ketika tiba-tiba ponsel anda mendownload dan menginstal sebuah aplikasi pada saat anda sedang menjalankan aplikasi lain yang memakan banyak memori.

5.pindahkan aplikasi ke micro SD
fitur moved apps to SD adalah fitur yang memungkinkan anda untuk memindahkan instalasi aplikasi dari memori internal ke kartu microSD yang anda sematkan.
dengan begitu ruang penyimpanan memori internal menjadi semakin lega.dengan ruang memori internal yang makin lega,kinerja ponsel pun menjadi semakin ringan dan lancar.

6.autorotate
dengan fitur autorotate,orientasi layar anda akan berubah secara otomatis mengikuti posisi ponsel dalam genggaman.akan tetapi dalam beberapa kasus,rotasi otomatis ini dapat menyebabkan ponsel anda mengalami lag atau jeda yang mengganggu.
oleh karena itu anda dapat mematikan autorotate ini dengan masuk setting>display dan hilangkan tanda centang pada kotak di samping menu"autorotate screen".

7.autobrightness
kebanyakan ponsel android telah di lengkapi dengan ambient light sensor yang akan memeriksa kondisi cahaya di sekeliling ponsel dan menyesuaikan kecerahan layar yang di pancarkan.akan tetapi selain memboroskan daya,aktifnya auto brightness juga membebani kerja ponsel.

8.factory reset
jika anda telah melakukan langkah di atas namun hasilnya kurang memuaskan,melakukan reset perangkat bisa menjadi jalan terakhir.hal ini di karenakan pada android terdapat beberapa aplikasi yang otomatis berjalan di background ketika anda pertama kali hidupkan ponsel.ini belum termasuk pula aplikasi yang menampilkan pop-up iklan yang selain menyedot penggunaan memori juga penggunaan data internet anda.

No comments:

Post a Comment